Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tembak Mati Pencuri Sepeda Motor di Garut

Kompas.com - 11/01/2014, 20:16 WIB

GARUT, KOMPAS.com - Satuan Reskrim Polres Garut menembak mati seorang pencuri sepeda motor karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap petugas di Jalan Suherman, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (11/1/2014).

Kepala Polres Garut, AKBP Arif Rachman mengatakan, tersangka Iwan Batik (38), warga Kecamatan Leuwigoong, Garut, merupakan residivis dan menjadi buronan polisi dengan beberapa kasus pencurian sepeda motor di wilayah Garut.

"Kejadiannya dini hari, sempat terjadi kejar-kejaran. Kami telah menjalankan tugas secara proposional dan ternyata yang bersangkutan berusaha melarikan diri dan mengancam keselamatan petugas," kata Arif.

Ia menuturkan, keberadaan pelaku tersebut berawal dari hasil penyelidikan polisi dan diketahui akan melakukan aksi pencurian sepeda motor. Selanjutnya, petugas berusaha menangkapnya. Namun, pelaku yang menggunakan sepeda motor mencoba melarikan diri, petugas kemudian mengejar pelaku.

Sesampainya di Jalan Suherman, Kecamatan Tarogong Kidul, pelaku berhasil dihadang, namun tetap melakukan perlawanan dan terjadi perkelahian dengan petugas.

"Kami sempat memberikan tembakan peringatan, tapi pelaku membawa senjata tajam kemudian berkelahi dengan anggota kami di sawah, kami tembak, karena pelaku membahayakan petugas," kata Arif.

Ia mengungkapkan, pelaku merupakan buronan polisi kasus pencurian sepeda motor dengan kekerasan di beberapa tempat di wilayah hukum Polres Garut. Modus pencurian yang dilakukan pelaku, kata Arif, dengan cara memberhentikan korban pengguna sepeda motor lalu menodongkan senjata tajam kemudian merampas sepeda motor korban.

"Yang bersangkutan telah kami cek, ada lima laporan pelaku terlibat kasus pencurian sepeda motor dengan cara kekerasan," katanya.

Sementara itu, polisi mengamankan barang bukti yang dibawa pelaku, yakni satu unit sepeda motor, telepon seluler, pisau badik, kunci astag atau leter T, dan dua buah anak kuncinya. Polres Garut terus melakukan pengembangan Kasus pencurian sepeda motor karena diduga ada kawanan tersangka lainnya yang masih berkeliaran di wilayah Garut.

"Kami sekarang terus berusaha mengembangkan kasus pencurian ini, dan melakukan pengejaran pelaku lain," kata Arif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com