Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Kemenhut Selidiki Kematian Singa KBS

Kompas.com - 10/01/2014, 16:13 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Kementerian Kehutanan menurunkan tim khusus untuk menyelidiki kematian Michael, singa Afrika berumur 1,5 tahun koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jumat (10/1/2014).

Menurut Kepala Sub Direktorat Penyidikan Wilayah I Kementerian Kehutanan, Hariono, tim investigasi itu mendapatkan instruksi langsung Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan untuk mengungkap kematian Singa KBS.

"Pak Menteri sangat atensi atas peristiwa kematian singa KBS, karena itu kami diminta turun," katanya.

Selain meninjau dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di kandang singa, tim yang akan bekerja selama tiga hari ke depan itu selanjutnya akan meminta keterangan kepada semua pihak terkait, termasuk berkoordinasi dengan Polrestabes Surabaya maupun bertemu dengan kalangan aktivis dan pemerhati satwa di Surabaya.

Hasil investigasi akan dilaporkan kepada Menteri Kehutanan, dan akan dijadikan sebagai dasar dan ilustrasi kebijakan penanganan KBS.

"Tidak hanya pada kasus Singa KBS ini saja, beberapa waktu lalu, tim juga turun ke Lampung untuk investigasi kasus kematian Gajah," terang Hariono.

Michael ditemukan mati di kandangnya, Selasa (7/1/2014) pagi. Michael mati karena bagian lehernya terjerat tali sling pintu kandangnya sendiri. Dia ditemukan dalam posisi menggantung dengan kepala di bagian atas layaknya posisi orang yang mati bunuh diri. Sling berbahan timah itu memutar menjerat lehernya.

Atas kematian Michael, koleksi singa KBS kini tinggal lima ekor. Empat ekor di antaranya betina dan seekor lagi jantan. Atas peristiwa itu, pemkot meminta Polrestabes Surabaya menyelidiki kematian Michael.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com