Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Mahasiswi Menangis di Depan Jusuf Kalla

Kompas.com - 08/01/2014, 10:56 WIB
Suhartono

Penulis

KABANJAHE, KOMPAS.com - Dua mahasiswi Universitas Methodis Medan, Sisca dan Rosy, Rabu (8/1/2013) pagi menangis di hadapan Ketua PMI Pusat M Jusuf Kalla, di Gereja Kristen Batak Karo.

Mereka sudah satu bulan meninggalkan kampus karena tidak mampu membayar biaya kuliah, akibat menjadi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut.

"Kami tidak berani datang ke kampus karena sudah tidak membayar kuliah sejak mengungsi. Kebun orangtua kami rusak akibat debu Gunung Sinabung. Jadi, kami minta bantuan keringanan uang kuliah," kata Sisca, yang datang bersama rekannya Rosi.

Menurut Sisca, biaya kuliahnya Rp 1 juta per semester. "Kami ada sekitar 40 mahasiswi," tambah Sisca.

Mendengar keluhan itu, Jusuf Kalla terlihat mencatat dan lantas berjanji akan membantu.

Selain itu, ada seorang ibu pengungsi di Gereja Katolik Kabanjahe yang diberi kesempatan berbicara. "Tentu, kedatangan Pak JK bersama rombongan digerakkan oleh Tuhan. Tabungan kami sudah habis untuk hidup di lokasi pengungsian. Terima kasih atas bantuannya," ungkap ibu itu.

Lalu, di Masjid Agung Kabanjahe, Kalla juga menemui sekira 600 pengungsi. "Saya ikut prihatin dengan kondisi bapak dan ibu semua. Kita semua tidak tahu sampai kapan Gunung Sinabung ini erupsi. Tetapi, doa saya, semoga cepat selesai dan berakhir dengan baik sehingga semuanya bisa kembali ke desa tanpa kekurangan suatu apapun," ujar Kalla.

Dalam kesempatan itu, Kalla dan PMI Pusat dan daerah memberikan sejumlah bantuan, antara lain obat-obatan, bahan makanan. Ada pula bantuan berupa material bahan bangunan yang bakal digunakan saat erupsi Sinabung kembali normal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com