Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaltim Sediakan Beasiswa untuk 50.000 Pelajar

Kompas.com - 02/01/2014, 21:14 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Pada periode awal kepemimpinannya, 2008-2013, Pemerintah Kalimantan Timur memberikan 30.000 beasiswa setiap tahunnya. Tahun 2014 ini, jumlah penerima beasiswa bertambah menjadi 50.000 orang.

Beasiswa dalam program Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dengan Prestasi Gemilang) ini diberikan setiap tahun untuk pelajar, mahasiswa program diploma hingga mahasiswa program S3 atau doktor.

“Pada 2013 Pemprov Kaltim mengalokasikan anggaran senilai Rp 70 miliar bagi pelajar dan mahasiswa, untuk warga tidak mampu dan beasiswa berprestasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim, Kamis (2/1/2014). Namun Musyaharim tidak menyebutkan total dana untuk beasiswa tahun 2014.

Lanjut Musyaharim, beasiswa tersebut diberikan kepada warga Kaltim yang menempuh pendidikan di dalam dan luar Kaltim, bahkan yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri sekalipun.

“Ada juga beasiswa khusus bagi pelajar dan mahasiswa di perbatasan negara, yakni kabupaten Kutai Barat, Malinau dan Nunukan yang totalnya mencapai Rp 2,6 miliar," katanya.

Musyaharim menambahkan, program beasiswa ini merupakan realisasi anggaran untuk pendidikan sebesar 20 persen dari APBD Kaltim. Alokasi APBD Kaltim yang besar itu akan digunakan untuk membantu peningkatan kesejahteraan guru dalam bentuk pemberian insentif, Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) jenjang SMA/MA, bantuan untuk kualifikasi guru dan beasiswa bagi pelajar maupun mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com