Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Umat Kristiani Ambon Padati Misa Natal

Kompas.com - 25/12/2013, 10:55 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Ibadah misa Natal di Gereja Katedral St Franciscus Xaverius Ambon berlangsung semarak dan penuh khidmat, Rabu (25/12/2013) pagi. Lebih dari seribu umat dari berbagai penjuru di Kota Ambon memadati gereja Katolik terbesar di Maluku itu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ibadah misa yang dipimpin langsung Uskup Diosis Amboina, Mgr PC Mandagi mulai dilaksanakan pada pukul 09.00 WIT. Meski demikian, sebagian besar umat Katolik yang umumnya berasal dari Kota Ambon ini sudah mulai berdatangan sebelum acara misa digelar.

Dalam khotbahnya, Mandagi meminta kepada umat Katolik di Maluku agar dapat menjadikan Natal kali ini sebagai momentum untuk melakukan perubahan guna lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Menurutnya, umat Katolik di Maluku harus mampu membangkitkan pengharapan dan jangan pernah takut dengan berbagai kesulitan yang dihadapi.

"Hari ini telah lahir bagimu sang juru selamat sehingga tidak perlu takut untuk menghadapi kehidupan ini," seru Mandagi.

Mandagi berpesan, sumber kehidupan dan kebahagiaan hanya ada dalam Tuhan, bukan pada pangkat, jabatan, dan kekayaan sehingga umat harus lebih mendekatkan diri dengan Tuhan.

"Ingat bahwa sumber kebahagiaan itu ada dalam Tuhan bukan pada jabatan, kekuasaan, dan kekayaan," ungkap Mandagi.

Selain itu, dia juga berpesan agar umat Katolik dapat menjaga kerukunan hidup antarumat beragama di Maluku dengan baik. Menurutnya, hidup dengan saling menghargai harus tetap dijaga sehingga pesan kedamaian lewat Natal dapat diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Proses ibadah misa di Gereja Katedral St Franciscus Xaverius ini sendiri dijaga ketat belasan aparat Brimob dan TNI dari kesatuan Marinir. Sebelumnya, pada acara misa malam Natal semalam, Uskup Mandagi juga bertindak sebagai pimpinan misa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com