Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digerebek, Industri Rumahan Pemalsu Miras Merek Terkenal

Kompas.com - 23/12/2013, 11:50 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebuah industri rumahan pengoplos minuman keras digerebek polisi di kawasan Jalan Dukuh Kupang Surabaya, akhir pekan lalu.

Selain mengoplos miras murahan jenis cukrik, industri rumahan ini juga memalsukan miras bermerek seperti Hennesy, Chivas Regal, Jack Danniels, dan miras merek terkenal lainnya.

Diduga kuat, miras palsu merek terkenal tersebut diedarkan di cafe-cafe atau tempat hiburan malam di Surabaya maupun kota lainnya. "Miras bermerek palsu tersebut dijual dengan harga jauh lebih murah dari harga aslinya," kata Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Farman, Senin (23/12/2013).

Para pelaku diketahui hanya memalsukan isi dari miras merek terkenal tersebut dengan sejumlah bahan seperti methanol, ethanol, Soda, pewana, dan asam sulfat, sementara botolnya didapat dari pengepul botol miras.

"Miras palsu ini tidak dijamin keamanannya, karena pelaku mencampurnya dengan alkohol 96 persen," tambahnya.

Dalam penggerebekan itu, dua orang diduga pemilik usaha oplosan diamankan, yaitu MGO (28) warga Dukuh Kupang, dan SE (45) warga Asemrowo Surabaya. Keduanya kini masih diperiksa intensif untuk mendeteksi jaringan penjualan miras palsu yang lebih besar.

Dari tangan tersangka, Polisi berhasil mengamankan 36 krat bir Guinnes oplosan, 25 botol kosong berbagai merek. Selain itu, juga diamankan alat pres tutup botol, selang, corong, alumunium foil, empat cat semprot, satu galon air mineral, satu jeriken alkohol 96 persen, serta 2 jerikan miras oplosan yang belum dimasukan ke dalam botol.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com