Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Punya Ruang, Ratusan Siswa MAN Belajar di Lantai Mushala

Kompas.com - 19/12/2013, 09:17 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Ratusan siswa Madrasah Aliyah Negeri Matakali, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa belajar di lantai mushala. Meja lesehan yang biasanya dimanfaatkan untuk belajar Al Quran pun dimanfaatkan para siswa untuk baca tulis.

Kondisi ini terjadi karena mereka tidak memiliki ruangan untuk belajar. Banyak siswa di sekolah ini mengeluhkan kondisi tersebut.

Suryana, salah satu siswa, mengaku kerap sakit pinggang, dan kedua kakinya kram jika terlalu lama belajar lesehan. “Tidak bisa konsentrasi, kalau lama melantai sering sakit pinggang dan kaki kram,” keluh Suryana, ketika ditemui belum lama ini.

Sementara Darwis, siswa lainnya, mengaku iri dengan sekolah lain di Polewali Mandar yang bisa belajar dengan kondisi yang lebih baik.

Kepala Sekolah setempat, La Haiyyak, mengatakan, meski belajar dalam kondisi yang memprihatinkan, para guru terus berusaha membangkitkan semangat belajar para siswa. “Saya sudah puluhan kali mengadukan kondisi sekolah kami ke pemerintah, tetapi sampai hari ini tak kunjung mendapat tanggapan,” ujar Haiyyak.

Keluhan yang selama ini disampaikan kepada pemerintah setempat tak pernah digubris. Haiyyak mengaku hanya mendapatkan janji-janji tanpa realisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com