Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Peziarah "Nyemplung" ke Sawah, 6 Tewas

Kompas.com - 17/12/2013, 06:42 WIB
Kontributor KompasTV, Ari Himawan Sarono

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com — Sebuah bus pariwisata Premiun Passion bernopol F 7933 AA yang mengangkut rombongan peziarah dari Desa Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, terbalik dan terjun ke sawah sedalam tiga meter di Desa Rembul, Bojong, Tegal Jawa Tengah, Selasa (17/12/2013) dini hari. Enam orang tewas.

Seorang penumpang yang selamat, Kholisoh (35), mengatakan, sebelum kecelakaan bus melaju kencang dari arah Pemalang menuju ke tempat penginapan di obyek wisata Guci, Tegal. Bus ini dikemudikan Ace Suherman (57), warga Desa Sukamanah, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat.

"Saya sempat melihat sopir minum air saat menyetir di tikungan, kayaknya tidak bisa mengendalikan laju kendaraan akhirnya bus masuk ke sawah," kata Kholisoh. Bus ini ringsek pada bagian atap karena kerasnya benturan.

Selain enam korban tewas, puluhan penumpang lain mengalami luka. Korban tewas berada di Rumah Sakit DR Soesilo di Slawi, Tegal. Sementara korban luka mendapatkan rawat jalan di Puskesmas Bumijawa.
 
Hingga berita ini diturunkan, polisi dan petugas rumah sakit masih mengidentifikasi enam korban tewas dari kecelakaan ini. Kasatlantas Polres Tegal AKP Padli mengatakan, dugaan sementara bus yang mengangkut 48 penumpang ini mengalami kecelakaan karena kelalaian sopir.
 
"Dugaan sementara karena tidak berhati-hati, kalau dari pemeriksaan awal dari sopir mengaku tidak mengantuk," kata Padli. Untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan, polisi masih memeriksa Ace di unit Laka Lantas Polres Tegal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com