Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fikri Tewas, Empat Mahasiswa ITN Malang Diperiksa Polisi

Kompas.com - 12/12/2013, 09:30 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Polisi memeriksa empat mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Pemeriksaan dilakukan untuk mengungkap kasus kematian seorang mahasiswa baru, Fikri Dolasmantya Surya, saat kegiatan orientasi kampus.

Keempat mahasiswa itu diduga mengetahui persis bagaimana kronologi tewasnya mahasiswa baru jurusan Planologi tersebut.

Menurut Kepala bidang Humas Polda Jatim Kombes Polisi Awi Setiyono, keempatnya datang dari kalangan peserta dan panitia Kemah Bakti Desa (KBD) di kawasan Goa China, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 12 Oktober lalu.

"Keempatnya berada di lokasi kejadian, dan melihat langsung bagaimana korban meninggal dunia," katanya, Kamis (12/12/2013).

Selain memanggil saksi, jajaran polres setempat juga sudah mengumpulkan data pendukung dan melakukan gelar perkara. "Kami bergerak cepat untuk mengungkap kasus kematian mahasiswa yang jelas mencoreng nama baik dunia pendidikan ini," tegasnya.

Atas kasus ini, pihak kampus telah menjatuhkan sanksi kepada 110 mahasiswa panitia Kemah Bakti Desa sesuai porsi kesalahannya. Ada empat jenis hukuman yang diberikan, yaitu skors dua semester, skors satu semester, pembatalan mata kuliah, dan surat peringatan (SP).

Selain memberi sanksi kepada panitia dari kalangan mahasiswa, pihak kampus juga memberhentikan Ketua Jurusan Planologi ITN Ibnu Sasongko dan Sekretarisnya Arief Setiyawan. Keduanya dinilai lalai dalam mengawasi panitia KBD sehingga menewaskan seorang mahasiswa baru asal Mataram itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com