Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Terima Bantuan 7 Alat Deteksi Dini Tsunami

Kompas.com - 05/12/2013, 21:43 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Kabupaten Banyuwangi mendapatkan bantuan tujuh unit alat peringatan dini tsunami dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ketujuh alat tersebut akan dipasang di kawasan rawan bencana tsunami.

"Dua unit akan diletakkan di Kecamatan Pesanggaran, wilayah pantai Pancer dan pantai Rajegwesi. Satu unit di pantai Lampon, Kecamatan Siliragung. Dua unit di pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo. Satu lagi di Kecamatan Muncar sebelah utara, pantai Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi, dan sisanya di wilayah Kota Banyuwangi di Pantai Boom," ungkap Ahmad Wiyono Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi kepada Kompas.com, Kamis (5/12/2013).

Selain mendapatkan bantuan deteksi tsunami, BPBD Banyuwangi juga mendapatkan perangkat alat deteksi pergerakan tanah. "Ada dua unit yang semuanya dipasang di wilayah Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, tetapi di dua lokasi yang berbeda. Dan akan dipasang di kawasan padat penduduk yang rawan longsor. Sebelumnya sudah sering terjaid longsor di wilayah tersebut," jelas Wiyono.

Ia mengatakan akan memasang 8 perangkat panel elektronik peringatan tanah longsor pada Desember ini. "Semuanya dipasang bulan Desember 2013 ini di wilayah Kecamatan Licin, yaitu di Ereg-ereg arah ke gunung Ijen juga di Desa Pakel. Nanti akan dipasang di pinggir jalan sehingga pemakai kendaran bisa langsung melihatnya," jelasnya.

Menurut Wiyono, alat deteksi pergerakan tanah dan perangkat papan panel elektrik merupakan bantuan dari Kementerian ESDM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com