Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Urine di Sekolah, Lima Pelajar Positif Ganja

Kompas.com - 05/12/2013, 12:06 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bengkulu, pada November 2013, mendapati lima pelajar terindikasi positif mengkonsumsi narkoba jenis ganja.

"Lima pelajar positif mengkonsumsi ganja itu diketahui setelah kita melakukan tes urine di sekolah-sekolah pada kabupaten itu. Dua pengguna berasal dari Kecamatan Binduriang, tiga orang di Padang Ulak Tanding," kata Suraida, Kepala Bidang Pencegahan BNN Provinsi Bengkulu, Kamis (5/12/2013).

Kelima pelajar yang merupakan siswa di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kecamatan Binduriang, Kabupaten Rejang Lebong dan Padang Ulak Tanding tersebut telah diserahkan  kepada orang tua dan guru untuk dibimbing, serta direkomendasikan agar mereka segera direhab.

Selain melakukan uji tes urine di sekolah, BNN juga melakukan tes di beberapa tempat hiburan malam di objek wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu. "Hasil tes di tempat hiburan malam, kami menemukan puluhan pengunjung terindikasi positif mengkonsumsi sabu, ekstasi dan ganja," tambah Suraida.

Para pengunjung yang terindikasi positif mengkonsumsi narkotika itu dikenai wajib lapor ke BNN, dan membuat perjanjian agar tidak menggunakan narkoba lagi. Mereka juga dianjurkan untuk direhabilitasi di Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO).

Menurut Suraida, BNN akan terus melakukan uji urine secara mendadak di beberapa tempat hiburan malam guna menekan dan mengurangi peredaran narkoba di Bengkulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com