Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden ke Madura, Berapa APBD yang Terpakai?

Kompas.com - 03/12/2013, 08:28 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com — Kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Madura selama tiga hari mulai tanggal 4 hingga 6 Desember 2013 mendatang disebut-sebut bakal memakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) setempat.

Kunjungan antara lain ke Kabupaten Pamekasan. Pemerintah setempat sudah memprediksi bahwa anggaran yang akan dihabiskan mencapai Rp 500 juta.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset (DPPKA) Pemkab Pamekasan Taufikurrahman, Senin (2/12/2013), mengatakan, anggaran biaya penyambutan Presiden belum diketahui secara pasti. Pasalnya, panitia belum mengajukan kebutuhan anggaran yang akan digunakan. Termasuk di dalamnya, anggaran untuk pengamanan berlapis.

"Tetapi Rp 500 juta adalah anggaran maksimal yang kami siapkan. Kecuali ada kejadian luar biasa, kemungkinan biaya itu bisa bengkak," ungkap dia.

Taufik menambahkan, anggaran paling besar dihabiskan untuk pengamanan. Sementara itu, anggaran lain seperti makanan dan minuman, serta kebutuhan seremonial, tidak terlalu besar.

Anggaran penyambutan itu, kata Taufik, memang tidak masuk dalam rincian APBD tahun 2013, tetapi dari pos anggaran yang sudah ada. "Anggaran pengamanan itu diambil dari biaya pengamanan masjid atau gereja untuk hari-hari besar keagamaan. Demikian juga makan dan minum, anggarannya diambilkan dari pos untuk penerimaan tamu yang sudah ditetapkan dalam APBD," ungkapnya.

Kuras anggaran
Biaya penyambutan orang nomor satu di republik ini dinilai berlebihan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Pamekasan (PMII Pamekasan).

Muhammad Sidik, Ketua Pengurus Cabang PMII Pamekasan, mengatakan, jika tiga kabupaten yang dikunjungi Presiden menganggarkan Rp 500 juta, maka sudah dipastikan dana anggaran Rp 1,5 miliar habis dalam tiga hari.

"Kedatangan SBY justru menguras anggaran daerah, bukan menambah anggaran. Sebaiknya dana itu digunakan untuk membangun rakyat di Madura saja," ungkap Sidik.

Presiden bersama rombongan dijadwalkan tiba di Pamekasan pada 5 Desember, setelah bertolak dari Kabupaten Sumenep. Agenda pertama Presiden adalah menanam dan panen jagung hibrida di Desa Montok, Kecamatan Larangan. Selanjutnya Presiden menuju Pendapa Bupati Pamekasan untuk makan siang bersama Bupati dan forum pimpinan daerah.

Agenda selanjutnya berkunjung ke Pasar Batik Pamekasan, dan pada malam harinya Presiden akan disuguhi hiburan gelar budaya Madura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com