Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMI Makassar "Drop Out" Tiga Mahasiswa Pelaku Penikaman

Kompas.com - 24/11/2013, 18:16 WIB
Kontributor Makassar, Rini Putri

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Tiga orang mahasiswa dari Fakultas Hukum, Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar akhirnya di-Drop Out (DO) atau diberhentikan sebagai mahasiswa.

Mereka terbukti terlibat pengeroyokan dan berujung penikaman terhadap teman satu fakultasnya sendiri, Tri Saputra (21), pada Rabu lalu. 

Penegasan tersebut disampaikan oleh Pembantu Rektor (PR) III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Achmad Gani kepada Kompas.com, Minggu (24/11/2013) siang.

Ketiga mahasiswa itu dikeluarkan karena telah melanggar peraturan disiplin kampus dan membuat tindakan pidana yang merugikan banyak pihak.

Achmad menyebutkan ke tiga mahasiswa dari Fakultas Hukum tersebut adalah Wawan Setiawan (19), angkatan 2011, Andi Arif Paturungi (20), angkatan 2010, dan Rahmadi alias Rahman (19), angkatan 2011.

"Ketiga pelaku berstatus mahasiswa tersebut terbukti telah melakukan tindak pidana, dan kami pihak kampus terpaksa mengembalikan ketiganya ke orang tuanya," tegas Achmad.

Untuk mengantisipasi serangan aksi balas dendam dan ketentraman kampus itu sendiri, lanjut Achmad, pihak kampus masih meminta kepada kepolisian untuk melakukan pengamanan di sekitar kampus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tri Saputra, mahasiswa Fakultas Hukum tiba-tiba dikeroyok lalu ditikam sekelompok pemuda di depan gedung perkuliahannya. Tri Saputra yang mengalami luka tikaman di pinggang belakang kemudian dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Ibnu Sina yang terletak di depan kampus UMI oleh rekan-rekannya.

Memburuknya kondisi Tri, hari itu pula pihak RS Ibnu Sina merujuk korban ke RS Wahidin Sudirohusodo. Sehari menjalani perawatan intensif di RS Wahidin Sudirohusodo, Kamis (21/11/2013) sekitar pukul 10.30 di ruang ICU, mahasiswa yang terbilang pendiam dan sabar itu di kalangan rekan-rekan kampusnya menghembuskan nafas terkahir.

Oleh pihak keluarga, jenazah Tri kemudian dibawa ke kampung halamannya di Polewali Mandar, Sulawesi Barat untuk dikebumikan.

Sabtu (23/11/2013) sekitar pukul 02.00 Wita, jajaran kepolisian dari Polrestabes Makassar akhirnya berhasil menangkap ke lima pelaku di tiga tempat yang berbeda. Dari identifikasi polisi, kelima orang pelaku, tiga di antaranya rekan sekampus korban dan dua diantaranya merupakan alumni mahasiswa UMI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com