Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batuan Hasil Letusan Freatik Merapi Akan Diteliti

Kompas.com - 21/11/2013, 18:52 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) akan meneliti sampel batuan hasil letusan freatik Merapi yang terjadi pada Senin (18/11/2013) lalu. Sampel batuan ini nantinya akan diteliti untuk melihat material yang dikeluarkan berupa magma baru atau lama.

Hal itu diungkapkan Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Subandriyo.

"Ini penting untuk mengetahui aktivitas terkini Merapi memasuki fasa baru, atau masih melanjutkan erupsi 2010," tutur Subandriyo, Kamis (21/11/2013).

Ia mengungkapkan, tim BPPTKG rencananya akan berangkat ke gunung Merapi pada Rabu (20/11/2013) kemarin. Namun karena cuaca di Merapi sedang buruk, tim batal berangkat.

"Seharusnya tadi malam naik, tapi batal karena terkendala cuaca buruk. Soal kapannya, kita lihat perkembangan dulu," ujarnya.

Subandriyo menjelaskan, jika hasil dari anaisis bahwa batuan menunjukan Merapi masih meneruskan fasa erupsi sebelumnya, tidak akan menjadi ancaman serius. Sebab, hal itu menunjukkan aktivitas gunung menurun. Namun jika sebaliknya, berarti ada suplai magma baru yang memungkinkan aktif kembali.

"Jika sebaliknya, itu yang perlu diwaspadai. Ke depan akan dievaluasi supaya ada gambaran sehingga bisa diambil langkah-langkah antisipasi," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com