Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Rekor MURI, Bakar Ikan Sepanjang 12 Kilometer

Kompas.com - 20/11/2013, 13:32 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Terkait acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Bengkulu 2014, Pemerintah setempat bekerjasama dengan komunitas "Wonderful Bengkulu" menargetkan pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan membakar 12 ton ikan.

Ikan-ikan itu dijajarkan sepanjang 12 kilometer dengan melibatkan ribuan masyarakat setempat. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai pada 1-9 Februari, di mana pemecahan rekor MURI akan dilaksanakan 8 Februari 2014, atau sehari sebelum acara puncak HPN pada 9 Februari 2014.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Bengkulu Eko Agusrianto.

"Awalnya, upaya untuk melakukan pemecahan rekor MURI tersebut banyak masukan dari semua pihak seperti menjahit bendera merah putih terbanyak, lalu senam massal terbanyak dan pemukulan dol terbanyak. Namun akhirnya, kita sepakati kalau pemecahan rekor MURI ini kita pilih yakni bakar Ikan massal yang melibatkan ribuan masyarakat, usulan ini berasal dari komunitas wonderful Bengkulu," kata Eko, Rabu (20/11/2013).

Ditambahkannya, kalau konsep pemecahan rekor MURI dengan bakar ikan terpanjang dan habiskan ikan 12 ton ikan tersebut sudah matang, dan tinggal melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan ikan sebanyak 12 ton tersebut.

"Momen pemecahan rekor ini bukan hanya sekadar dan sebatas murni untuk memecahkan rekor Muri, tapi upaya untuk pemecahan Rekor Muri dalam kegiatan HPN 2014 ini tentu akan disaksikan oleh ribuan mata se Indonesia dan ribuan insan pers se-indonesia dan tentu memiliki nilai tersendiri bagi Bengkulu dimana kita dapat mengenalkan dan menyampaikan kalau keberadaan potensi kelautan di Bengkulu sangat melimpah," imbuhnya.

Dikatakannya pula, kalau pada intinya dalam kegiatan HPN 2014 di Bengkulu ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin demi kemajuan dan pembangunan Bengkulu ke depan, apalagi Presiden RI akan hadir langsung untuk membuka puncak HPN tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com