Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Rafflesia dan Tatakan Emas Jadi Maskot HPN 2014

Kompas.com - 19/11/2013, 22:51 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Bunga Rafflesia dan tatakan emas didaulat oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu menjadi maskot Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2014. Kedua lambang itu dianggap sebagai representasi dari ciri khas Bengkulu sebagai tuan rumah.

"Bunga rafflesia adalah identik dengan Bengkulu. Selanjutnya tatakan dari emas melambangkan Bengkulu pada dahulu kala merupakan penghasil emas. Ini telihat pada masa penjajahan, emas Bengkulu didaulat menghiasi puncak monumen nasional (monas)," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Informasi Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto, Selasa (19/11/2013).

Usulan maskot HPN itu sudah diterima panitia pusat. Pada prinsipnya, kata Eko, panitia pusat telah menerima maskot itu, tinggal disempurnakan dalam bentuk warna, font huruf dan ukuran. Jika penyempurnaan dari panitia pusat telah selesai, maka logo HPN akan segera diumumkan kepada publik.

Perhelatan nasional HPN 2014, menurut Eko, merupakan suatu kebanggan bagi masyarakat Bengkulu. Diperkirakan lebih dari 1.000 tamu undangan yang akan datang ke Bengkulu, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sekaligus membuka acara secara resmi.

Dalam kegiatan HPN itu, juga akan digelar pasar rakyat, pameran produk-produk swasta dan pemerintah.

Selain itu, rencanannya, dalam HPN juga akan diadakan panggang ikan sepanjang 12 kilometer oleh komunitas Wonderful Bengkulu. Komunitas ini beranggotakan para pemuda kreatif. Untuk acara ini, para pemuda itu sudah menyiapkan 12 ton ikan.

"Komunitas Wonderful Bengkulu telah siapkan acara pemanggangan ikan sepanjang 12 kilometer dan kami dari pemerintah dengan senang hati akan mengikutsertakan acara tersebut dalam agenda HPN," jelas Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com