Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari ini, Warga Garut Pilih Bupati Putaran Kedua

Kompas.com - 17/11/2013, 07:51 WIB
Kontributor Garut, Syahrul Munir

Penulis


GARUT, KOMPAS.com - Sedikitnya 1.760.130 warga garut yang telah tercantum dalam DPT hari ini diharapkan mendatangi TPS-TPS yang tersedia guna kembali memilih pasangan Bupati dan Wakil Bupati Garut periode 2013-2018. Kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang lolos pada putaran kedua ini adalah pasangan nomor urut 5 Agus Hamdani-Abdusy Syakur Aminn dan pasangan nomor urut 8 Rudy Gunawan-Helmi Budiman.

Ketua Divisi Teknis dan Kehumasan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Garut Abdal mengatakan, di Pilkada Garut putaran kedua ini jumlah pemilih mengacu pada DPT pilkada pertama.

"Jumlah DPT sama yakni 1.760.130 pemilih. Sehingga otomatis jumlah TPS juga sama 4.604 TPS di 424 desa dan 21 kelurahan," jelas Aja.

Seperti diketahui pada Pilkada putaran pertama awal Sepetember lalu, tidak satu pun dari sepuluh pasang calon peserta pilkada meraup suara lebih dari 30 persen, sehingga menurut ketentuan UU Pemilu, harus digelar pilkada putaran kedua bagi dua pasang calon dengan perolehan suara terbanyak.

Hasil rekapiltulasi suara pada pilkada pertama diketahui pasangan Rudy Gunawan-Helmi Budiman meraih suara sah terbanyak, yaitu 256.323 suara atau 23.17 persen, disusul pasangan petahana Agus Hamdani-Abdusy Syakur Amin memiliki suara terbanyak kedua, 251.617 suara atau 22.74 persen. Sementara tingkat partisipasi pada pilkada pertama hanya 65 persen atau 1.145.987 pemilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com