Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Kapal IkanTenggelam di Perbatasan Malaysia

Kompas.com - 14/11/2013, 19:29 WIB
Kontributor Nunukan, Sukoco

Penulis


NUNUKAN, KOMPAS.com — Sebuah kapal nelayan pengangkut ikan dari Tarakan yang akan membawa hasil laut ke Kota Tawau, Malaysia, tenggelam di perairan perbatasan Nunukan- Tawau, Kamis (14/11/2013).

KM Nurjanah yang dinakhodai Thamrin (60) dan satu anak buah kapal (ABK) atas nama Suryadi tengelam diperairan Tanjung Aus, Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Tenggelamnya kapal tersebut diperkirakan akibat cuaca buruk yang disertai hujan.

"Kami terima laporan dari Dan Posal Sei Pancang, Sungai Nyamuk, pada pukul 12.15 Wita. Untuk kejadiannya sendiri pukul 04.30 Wita, subuh tadi," ujar Kepala Badan SAR Nasional Kabupaten Nunukan Oktavianto, Kamis.

Untuk pencarian korban, Basarnas Nunukan menurunkan enam anggota Tim SAR yang menggunakan perahu karet. "Kami dibantu oleh teman-teman dari TNI AL. Kami upayakan SAR untuk pencarian korban dulu. Kami menyisir di perairan Tanjung Aus sekitar tempat kapal tersebut tenggelam," ujar Oktavianto.

Sebelumnya, TNI AL Sei Pancang Sebatik telah melakukan upaya penyisiran di peraian Tanjung Aus, tetapi hingga siang tim pencari tidak menemukan keberadaan kedua korban.

Sekitar pukul 13.00 Wita, Basarnas menerima laporan dari nelayan pukat yang melihat seseorang terapung di perairan Ambalat. "Kami masih menuju ke sana untuk memastikan apakah orang itu adalah nakhoda dan ABK dari KM Nurjanah ini," kata Oktavianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com