Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Tawuran, Polisi Manado Razia Rumah Warga

Kompas.com - 12/11/2013, 21:15 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


MANADO, KOMPAS.com - Tim gabungan dari Polda Sulawesi Utara dan Polresta Manado yang didukung oleh Polsek Wenang melakukan razia ke rumah-rumah warga di Kelurahan Mahakeret, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Selasa (12/11/2013). Razia itu dilakukan karena maraknya perkelahian antarkampung di daerah itu.

Dalam razia tersebut polisi menemukan puluhan anak panah wayer, tombak tajam, parang yang panjangnya mencapai tiga meter serta senapan angin. Panah wayer merupakan anak panah yang terbuat dari besi dengan satu ujungnya runcing dan ujung lainnya diberi rumbaian tali plastik sebagai pengendali. Panah wayer ditembakkan ke sasaran dengan pelontar ketapel.

Kapolresta Manado, Kombes Pol Sunarto yang mempimpin razia mengatakan bahwa Kelurahan Mahakeret merupakan salah satu daerah yang rawan tawuran antarkampung. "Daerah ini sering terjadi perkelahian. Kalau tidak ada polisi, pasti terjadi tarkam (tawuran antarkampung, red)," ujar Sunarto.

Sunarto juga mengharapkan partisipasi aktif warga di Kelurahan Mahakeret untuk ikut terlibat menjaga keamanan dan ketertiban. Dia berharap agar situasi di Mahakeret tidak dimanfaatkan oleh orang luar yang akan terus berusaha memperkeruh suasana, sehingga daerah itu tidak pernah aman.

Warga yang berada di Mahakeret menyambut dengan gembira razia tersebut. Sebab menurut mereka, warga sudah lama resah dengan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh tawuran ini.

"Setiap ada kejadian, pasti ada panah wayer yang dilesatkan oleh mereka. Beberapa hari lalu, ada seorang ibu yang kakinya tertancap panah wayer. Kami semua sudah khawatir dengan situasi ini," ujar salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Sebagaimana yang sering diberitakan, beberapa kejadian tawuran di Kota Manado dengan menggunakan senjata tajam dan panah wayer sering terjadi di Mahakeret. Beberapa kasus bahkan mengakibatkan korban tewas. Kejadian-kejadian tersebut membuat Kota Manado terasa sedikit terganggu keamanannya, apalagi di malam hari. Beberapa warga yang ditemui mengaku takut keluar malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com