Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Positif Narkoba, 10 Pelajar Kendal Masuk Rehabilitasi

Kompas.com - 06/11/2013, 11:52 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com — Sepuluh pelajar di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menjalani rehabilitasi setelah terbukti positif menggunakan narkoba. Sebelumnnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal melakukan razia ke sekolah-sekolah sepanjang tahun 2013.

Kepala BNN Kendal Teguh Budi Santoso mengatakan, jumlah total pengguna narkoba yang harus menjalani rehabilitasi adalah 11 orang, terdiri dari 10 pelajar dan 1 warga. "Mereka baru pengguna, bukan pengedar sehingga hanya direhabilitasi," kata Teguh seusai menjalani tes urine di Pendopo Kabupaten Kendal, Rabu (6/11/2013).

Teguh mengakui, selain 10 pelajar yang positif menggunakan narkoba, ada 2 pelajar lain yang menjadi pengedar narkoba. Dua pelajar itu telah ditangkap dan ditahan di Polres Kendal. "Karena sudah menjadi pengedar, dua pelajar itu diproses secara hukum," tambahnya.

Teguh menambahkan, sebenarnya BNN Kabupaten Kendal sudah membentuk relawan Pemberantasan Penggunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di sekolah-sekolah. Yang menjadi relawan adalah para siswa di sekolah masing-masing.

Tujuan relawan itu adalah menginformasikan bahaya narkoba. "Hampir semua sekolah sudah ada relawannya. Tapi rupanya masih ada pelajar yang memakai narkoba," kata Teguh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com