Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahanan Tewas di Sel, Kapolres Baubau Akan Diperiksa

Kompas.com - 03/11/2013, 21:55 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com - Kapolres Baubau, Ajun Komisaris Besar Polisi Joko Krisdiyanto akan menjalani pemeriksaan Senin (4/11/2013) terkait kasus tewasnya seorang tahanan di Polres setempat pada 30 Oktober 2013 lalu. Pemeriksaan tersebut dilakukan di Polda Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya 16 orang oknum Polres Baubau pada Jumat (1/11/2013) digiring ke Polda Sultra untuk diperiksa petugas Profesi dan Pengamanan (Propam) setempat.

Menurut Wakapolda Sultra, Komisaris Besar Polisi Alfons, siapapun yang terlibat dalam kasus tewasnya Aslin Zalim akan diproses. "Setelah otopsi selesai kemungkinan besok, Senin (4/11/2013, red) Kapolres akan kami periksa juga di Mapolda Sultra," tegasnya, Minggu (4/11/2013).

Hal yang sama juga diungkapkan Direktur Reserse dan Kriminal Umum Polda Sultra, Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo. Jika tidak ada aral melintang, Kapolres Baubau, AKBP Joko Krisdiyanto akan diperiksa Senin besok di Mapolda Sultra. Pemeriksaan Kapolres tersebut tentunya terkait dengan kasus tewasnya Aslin Zalim. Karena berdasarkan keterangan Kapolres sebelumnya, bahwa dirinya yang memerintahkan anggota Buser untuk mengamankan almarhum, Selasa (29/10/2013) malam sekitar pukul 21.00 Wita.

"Segala sesuatu yang terkait dengan permasalahan ini tentunya akan kita periksa untuk mendapatkan hasil gambaran utuh tentang apa yang terjadi. Manakala kita lihat masih ada pemeriksaan yang kita rasa kurang, akan terus didalami," tambahnya.

Selain oknum aparat kepolisian, pihak Polda Sultra juga telah memeriksa saksi-saksi di luar anggota kepolisian. Tercatat sebanyak lima orang saksi sudah dimintai keterangannya dan sudah di-BAP.

"Dari pihak di luar kepolisian sudah diperiksa lima orang saksi. Pemeriksaan langsung mendatangi rumah almarhum. Setelah kita mendapatkan informasi, langsung dibuatkan BAP," tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ribuan warga dan keluarga korban mendatangi polres Baubau untuk memprotes kematian mendadak Aslin Zalim (32) sehari setelah diamankan petugas polisi. Penahanan terhadap almarhum dilakukan polisi, karena dinilai menggangu ketertiban umum, dengan cara menghadang kendaraan yang lewat di Jalan Bataraguru, Kelurahan Bataraguru, Kota Baubau pada 29 Oktober 2013 lalu. Kemudian pada 30 Oktober 2013, Aslin meninggal setelah mengikuti senam di Polres Baubau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com