Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Masuk Jurang, Tiga Tewas dan 13 Terluka

Kompas.com - 29/10/2013, 15:11 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Sebuah truk dengan nomor polisi DT 9697 BB terperosok ke dalam jurang di Desa Silea, Kecamatan Besulutu, Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Akibatnya, tiga orang meninggal dan 13 orang luka-luka. Truk yang dikendarai Saharuddin memuat para buruh perusahaan sawit PT. Mitra Utama Tani yang hendak pulang ke rumah masing-masing usai kerja.

Tiga orang tewas di lokasi kejadian yakni Nurwati (40) mengalami pendarahan pada hidung dan kepala. Gunaya (42) luka pada leher dan Enartin (38) tidak mendapat luka dan diperkirakan kehabisan oksigen saat kecelakaan tersebut.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Konawe Ajun Komisaris Besar Surya Darma menjelaskan, kecelakaan maut itu terjadi pada Senin (28/10/2013) sore. Korban meninggalkan berasal dari Desa Lalomera dan Kelurahan Besulutu, Kabupaten Konawe.

“Kejadiannya pukul 15.00 wita kemarin, truk perusahaan mengangkut 16 buruh dari arah kantornya PT Mulia Utama Tani arah selatan menuju pintu keluar kebun, tiga orang duduk di depan dan 13 orang di bak belakang truk," kata Surya, Selasa (29/10/2013).

"Lalu truk terperosok ke dalam jurang sedalam 18 meter di kiri jalan, kemudian truk terguling diduga menghindari patok kayu yang berada di bagian kanan jalan,” sambung Surya lagi. 

Menurutnya, para korban langsung dilarikan ke rumah sakit di Kendari. Sebagian dari buruh perusahaan sawit adalah perempuan yang berdomisili di Kecamatan Besulutu. 

“Korban yang mengalami luka serius langsung dibawa ke tiga rumah sakit di Kendari, yakni rumah sakit Abunawas, Rumah Sakit Bahteramas Sultra dan Rumah Sakit Bhayangkara,” tambahnya.

Saksi mata yang juga korban, Herniatin (36), warga kecamatan Besulutu Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara mengatakan, kecelakaan itu disebabkan oleh kondisi jalan yang rusak, saat pulang dari perkebunan sawit milik anak cabang PT. Damai Jaya Lestari.

“Memang setiap pulang kerja, kami diangkut menggunakan truk, dalam perjalanan di Desa Silea Kabupaten Konawe, truk tak dapat dikendalikan karena kondisi jalan yang labil, mengakibatkan truk terperosok masuk jurang,” kata Herniatin yang ditemui di Rumah Sakit Abunawas Kendari,  siang tadi.

Saharuddin, sopir truk itu kini diamankan pihak kepolisian, setelah mendapat perawatan medis di RS Bhayangkara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com