Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK Jalin Kerja Sama dengan 4 Universitas di Yogya

Kompas.com - 26/10/2013, 09:10 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menandatangani nota kesepahaman dengan empat universitas di Yogyakarta terkait akusisi dan pemanfaatan publikasi lokal universitas dalam upaya pemberantasan korupsi. Keempat universitas Yogya yang bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas Islam Ahmad Dahlan, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Hadir dalam penandatanganan itu Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja dan empat rektor/wakil universitas. Penandatanganan antara KPK dan empat universitas itu dilakukan di Ruang Sambisari Hotel Inna Garuda, Jumat (25/10/2013).

"Kerja sama ini agar KPK dapat melakukan akuisisi informasi dan data serta memanfaatkan publikasi lokal universitas," ujar Adnan.

Ia memaparkan, publikasi lokal universitas sebagai upaya pemberantasan korupsi seperti skripsi, tesis, disertasi, hasil penelitian dan literatur, buku, serta dokumen lain. Bentuknya mulai dari cetak dan file digital, intinya semua yang terkait dengan tindak pidana korupsi.

"Ini menjadi langkah awal menuju pusat informasi dan pengetahuan antikorupsi terbesar di dunia," tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Dr Musa Asyari, menanggapi positif adanya kerja sama antara KPK dan universitas-universitas di Yogya.

"Kita sudah beberapa tahun ini memang konsen di pemberantasan korupsi dan akhirnya bisa menjalin kerja sama dengan KPK. Ini menegaskan sinerginya antara KPK dengan universitas untuk bersama-sama dalam memberantas korupsi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com