Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-kebakaran, Aktivitas di Ambon Plaza Lumpuh Total

Kompas.com - 25/10/2013, 15:30 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Pasca-kebakaran, aktivitas di pusat pertokoan Ambon Plaza yang terletak di Jalan Samratulangi hingga sore ini masih lumpuh total. Tidak ada aktivitas jual beli di pusat pertokoan tersebut. Para pedagang hanya terlihat membersihkan tokonya dari sisa kebakaran, sedangkan pedagang lain menyelamatkan barang-barang dagangannya ke tempat yang aman.

Sebelum terjadi kebakaran, Ambon Plaza sering didatangi ribuan warga di Kota Ambon. Namun saat ini, pusat pertokoan tersebut ditutup.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, warga yang biasanya berbelanja di pusat pertokoan Ambon Plaza tak lagi terlihat seperti biasanya. Sejumlah kafe dan pusat hiburan anak yang berada di lantai tiga yang selamat dari kebakaran juga tutup. Begitupun dengan pasar swalayan, Matahari dan pusat toko buku Gramedia yang luput dari kebakaran juga terlihat tutup.

Seisi ruangan di pusat pertokoan tersebut bahkan terlihat masih sangat kotor oleh bekas kebakaran dan air yang masih menggenangi lantai dua dan lantai satu pertokoan itu. Sementara polisi telah memasang garis polisi di pertokoan tersebut guna kepentingan penyelidikan.

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKBP Bintang Juliana mengakui, Ambon Plaza saat ini ditutup. Hal ini dilakukan karena kondisi di dalam pusat perbelanjaan tersebut tidak memungkinkan untuk beraktivitas. “Ambon plaza memang ditutup. Selain untuk kepentingan penyelidikan, kondisi di sini sangat tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas apapun,” ujarnya.

Selain di Ambon Plaza, sederet pertokoan di kawasan jalan tersebut juga tutup selama beberapa jam. Namun setelah siang, toko-toko tersebut dibuka kembali.

Sebagaimana diberitakan sebeumnya, kebakaran terjadi sekitar pukul 08.30 WIT. Api bersumber dari ledakan keras yang diduga berasal dari tabung gas di ruang dapur restoran KFC yang berada di lantai dua pusat pertokoan Ambon Plaza. Akibat peristiwa itu, empat karyawan KFC menderita luka bakar dan dua lainnya terluka karena serpihan ledakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com