Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Aceh, 170 Bangunan Rusak, Satu Warga Meninggal

Kompas.com - 22/10/2013, 21:14 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com — Pasca-gempa 5,6 SR, sejumlah warga di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, masih enggan kembali ke rumah karena khawatir gempa susulan. Sejumlah warga lain juga tidak bisa kembali ke rumah karena bangunannya hancur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie merilis jumlah kerusakan sementara bangunan yang ada di Kecamatan Tangse mencapai 170 unit akibat gempa. Bangunan rusak terdiri dari 164 rumah, 2 rumah ibadah, dan 4 bangunan sekolah.

"Sekarang kami masih rapat koordinasi dengan Bupati untuk penanggulangan masa panik warga korban gempa. Sementara itu, warga ada yang berteduh di rumah saudara mereka, ada juga yang berdiam sementara di masjid yang ada," ungkap Apriadi, Kepala BPBD Kabupaten Pidie, Selasa (22/10/2013) malam.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga merilis informasi bahwa seorang warga bernama Abubakar Rasyid (90), warga Dusun Alue Landing, Kecamatan Mane, meninggal dunia akibat serangan jantung pasca-guncangan gempa, Selasa siang.

Selain itu, terdapat dua korban luka parah, masing-masing adalah Naziatul Hikmah (16) yang mengalami patah kaki, dan Azirmi (45) yang mengalami luka di bagian kepala. Keduanya merupakan warga Desa Neubok Badeuk, Kecamatan Tangse. Mereka sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Sigli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com