Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahanan Polsekta Panakukang Jadi Saksi Penyiksaan terhadap Reza

Kompas.com - 22/10/2013, 15:33 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sejumlah tahanan Polsekta Panakukang yang merupakan satu sel dengan Reza (17), warga Kandea, menjadi saksi penyiksaan yang dilakukan oknum polisi dan Bantuan Komunikasi Polisi (Bankompol).

Kepala Sub Bidang Humas Polrestabes Makassar, Komisaris Polisi (Kompol) Mantasiah yang dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (22/10/2013) mengungkapkan, penyidik Propam telah memeriksa sejumlah tahanan Polsekta Panakukang yang menyaksikan penyiksaan terhadap Reza.

"Laporan dari Propam, penyidik Paminal sudah memeriksa beberapa tahanan yang menyaksikan penyiksaan itu. Jadi yang sudah diperiksa, pelapor, korban, dan saksi dari tahanan. Baru itu laporan yang saya terima," ungkap Mantasiah.

Sebelumnya, telah diberitakan, Reza dianiaya di dalam selnya hingga pingsan. Bahkan, polisi merampas kartu memori ponsel keluarga Reza dan menghapus foto bukti-bukti penganiayaan itu.

Penganiayaan terhadap Reza terjadi sesaat yang bersangkutan ditangkap di hari raya Idul Adha di Jalan AP Pettarani, Selasa (15/10/2013) malam. Reza ditangkap oleh Bantuan Komunikasi Polisi (Bankompol) karena membawa senjata tajam berupa anak panah dan badik.

Reza membawa barang tajam itu, karena sepupunya dipukul di lokasi penangkapan dan hendak melakukan aksi balasan. Akibat penganiayaan oknum polisi, Reza menderita luka memar di seluruh tubuhnya, mata berdarah di dalam, bibir pecah, hidung retak dan wajahnya lebam-lebam.

Rina, kakak Reza mengaku, sempat mendokumentasikan bukti penganiayaan dalam bentuk foto di ponselnya. Namun, ponsel tersebut dirampas polisi dan foto yang terdapat di memori pun dihapus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com