Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantu, Sultan Hanya Cuti Dua Hari

Kompas.com - 21/10/2013, 15:36 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, masih ngantor pada hari pertama pelaksanaan rangkaian Pawiwahan Ageng (pernikahan agung) putri keempatnya, Senin (21/10/2013).

Senin siang, dia bersama sejumlah Kepala SKPD mengecek dekorasi Bangsal Kepatihan yang akan digunakan untuk resepsi pernikahan pada Rabu (23/10/2013). Sultan terlihat memeriksa dekorasi gebyok (backdrop kayu berukir) yang sudah dipasang di sisi utara Bangsal Kepatihan. Dia sempat mengoreksi detail dekorasi pada jajaran SKPD yang bertanggung jawab soal persiapan resepsi.

Sultan mengaku mengambil cuti dua hari, mulai Selasa (22/10/2013). "Aku isih mlebu, kan (acara) Senen itu urusan yang putri-putri. Cutiku mung rong dina (Saya masih masuk kerja, kan hari Senin itu acaranya itu kaum perempuan. Saya hanya cuti dua hari saja)," tutur Sri Sultan HB X.

Sultan hanya cuti dua hari yakni 22 dan 23 Oktober 2013. Pada dua hari itu, Sri Sultan akan menyelenggarakan prosesi ijab kabul GKR Hayu dan KPH Notonegoro, panggih, kirab, resepsi dan pamitan temanten. Sebagai ayah sekaligus Raja, Sultan HB X harus mengikuti rangkaian prosesi adat pernikahan Keraton Kasultanan Yogyakarta tersebut.

Sekda DIY Ichsanuri mengatakan, Gubernur juga sudah menyampaikan Surat Perintah kepada Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Pakualam IX untuk menggantikan ketugasannya di Pemda DIY selama ia cuti. (Ekasanti Anugraheni)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com