Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembur Dipotong, Ribuan Karyawan Bridgestone Demo

Kompas.com - 21/10/2013, 12:31 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Ribuan karyawan PT Bridgestone Sumatera Rubber Estate melakukan aksi unjuk rasa ke kantor perusahaan itu di Dolok Merangir, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (21/10/2013).

Aksi ribuan karyawan dilakukan dengan membawa satu spanduk besar yang isinya menuntut Presiden Direktur PT Bridgestone Sumatera Rubber Estate, Togar Simanjuntak untuk turun dari jabatannya.

Salah seorang pengunjuk rasa, Fauzi (27) mengatakan, mereka meminta Togar Simanjuntak turun karena yang bersangkutan banyak melakukan kebijakan merugikan karyawan. Di antaranya mengurangi jam kerja lembur karyawan dari biasanya dua jam menjadi setengah jam. "Dengan mengurangi jam lembur, penghasilan kami berkurang," kata Fauzi.

Dikatakan Fauzi, biasanya mereka jika lembur hingga dua jam, bisa mendapat upah hingga Rp 3 juta per bulannya. Jam kerja biasa sejak pukul 06.00 hingga pukul 12.00 setiap harinya.

Selain itu, presiden direktur yang baru menjabat empat tersebut dituduh memberhentikan karyawan secara sepihak. Di sisi lain, justru memasukkan beberapa staf dan karyawan dari keluarga sendiri.

Sementara, saat karyawan melakukan aksi di depan gerbang kantor perusahaan, perwakilan karyawan melakukan pertemuan dengan manajemen untuk menyampaikan tuntutan untuk menurunkan Togar Simanjuntak.

Puluhan aparat kepolisian dari Polres Simalungun tampak menghadang aksi karyawan. Meski sempat terjadi dorong-dorongan dengan petugas kepolisian, aksi tetap berjalan dengan tertib. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com