Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Sapi Hilang, Warga Tuduh Orang Timor Leste

Kompas.com - 17/10/2013, 20:47 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KEFAMENANU, KOMPAS.com - Sebanyak 19 ekor sapi milik warga Kampung Nelu, Desa Sunsea, Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, hilang. Warga menduga sapi-sapi itu dicuri warga Timor Leste sebelum pecah bentrokan dengan warga Leolbatan, Desa Kosta, Kecamatan Kota, Oekusi, Timor Leste.

“Tadi pagi 10 orang warga Desa Sunsea yang didampingi enam anggota TNI perbatasan bertemu dengan polisi Timor Leste di posnya untuk membicarakan kasus pencurian 19 ekor sapi milik 10 orang warga tersebut yang dicuri oleh warga Timor Leste. Sehingga setelah terjadi kesepakatan maka warga bersama TNI masuk ke wilayah Timor Leste untuk mencari sapi tersebut namun hingga kini belum berhasil ditemukan,” kata tokoh pemuda Desa Sunsea, Lusianus Oematan, kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2013) sore.

Menurut Lusianus, warga yang bermukim di desanya dan desa tetangga lainnya seringkali kehilangan sapi, namun jumlah sapi warga yang hilang kali ini adalah yang paling banyak.

“Harapan kami, mudah-mudahan dengan terjadinya banyak persoalan perbatasan ini, pemerintah bisa secepatnya merespon sehingga bisa cepat selesai masalahnya. Apalagi persoalan ini antar negara,” harap Lusianus.

Seperti diberitakan, gara-gara berebut tanah di wilayah zona netral, warga Nelu, Desa Sunsea, Kecamatan Naibenu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, terlibat saling serang dengan warga Leolbatan, Desa Kosta, Kecamatan Kota, Distrik Oekusi, Timor Leste.

Menurut warga, warga Timor Leste melakukan penggusuran untuk pekerjaan jalan raya dengan menggeser garis batas masuk ke wilayah NKRI sepanjang 500 meter, kemudian perusakan pilar batas oleh warga Timor Leste yang dibantu dengan militer Cipol. Padahal, pilar perbatasan itu sudah dibangun sejak tahun 1911. Selain itu, belasan kuburan leluhur warga juga ikut dirusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com