Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cabup Kolaka Beradu Program dalam Debat Kandidat

Kompas.com - 16/10/2013, 20:56 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA, KOMPAS.com - Lima pasangan calon Bupati Kolaka, Sulawesi Tenggara, saling unjuk kehebatan program kerja dalam acara debat kandidat, di Kolaka, Rabu (16/10/2013). Acara debat ini merupakan agenda kampanye terakhir bagi para kandidat.

Pasangan Ahmad Safei-Muh Jayadin mengusung sembilan program yang bertolak pada pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  “Jadikan tagihan kontrak politik yang telah kami tandatangi,” tandas Muh Jayadin, Rabu (16/10/2013).

Menurut pasangan ini, pengelolaan sumber daya alam secara maksimal dan baik serta ramah lingkungan akan meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian dan mewujudkan tingkat kesejahtaraan. Program pembangunan lebih mendekatkan kepada sektor kebutuhan warga.

Tak mau kalah, duet Najmuddin Haruna-Rusman menyatakan pemerintahannya siap melakukan pembinaan kepada warga, yakni berupa pembinaan pada bidang atau pekerjaan yang digeluti. Pada bidang pertanian misalnya, pemerintahannya akan menghentikan latah menanam. Semua melalui perencanaan yang matang untuk hasil yang maksimal.

“Kami siap mundur apabila tidak membawa perubahan ketika terpilih nanti,” seru Najmuddin Haruna.

Calon dari jalur independen Farhat Abbas-Sabaruddin Labamba juga menawarkan program pertanian unggul guna menghentikan pasokan sejumlah kebutuhan dari daerah luar. Kolaka memiliki semua potensi, kata pasangan ini.

“Ke depan tidak impor lagi, pasokan tersedia dari daerah sendiri. Ini yang penting dilakukan Kolaka,” kata Sabaruddin Labamba.

Sementara itu, pasangan pasangan Harun Rahim-Rustam Petta Nyala menyiapkan program tersedianya pangsa pasar sehingga produk tak sulit untuk dijual. Penempatan pegawai pun harus sesuai latar belakang pendidikan.

“Kami siap mundur, apabila tak dapat menjalankan program sesuai visi dan misik ketika menjadi Bupati,” tegas Harun Rahim.

Pasangan petahana Amair Sahaka-Parmin Dasir mengadendakan perbaikan infrastruktur jalan hingga pelosok. Jalur perekonomian yang menjadi kebutuhan pokok warga untuk memasarkan hasil produksinya.

“Percayakan kepada kami, infrastruktur jalan menjadi agenda besar saat terpilih nanti,” kata Parmin Dasir.

Debat kandidat menghadirkan empat orang panelis dan dijaga ketat aparat keamanan. Setiap pasangan calon hanya diperbolehkan membawa 25 orang simpatian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com