Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Kurban Berpenyakit Cacing Hati Ditemukan di Kediri

Kompas.com - 15/10/2013, 10:55 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Dinas Pertanian Kota Kediri, Jawa Timur, menemukan hewan kurban berpenyakit cacing hati dalam penyembelihan yang dilakukan di Masjid Agung Kediri, Selasa (15/10/2013).

Penyakit cacing hati atau Fasciola Hepatica itu menggerogoti organ bagian hati dan ditemukan pada dua ekor sapi dari tiga ekor sapi yang dipotong. Organ yang mengandung cacing itu kemudian diamankan untuk dimusnahkan.

"Kita harus mengamankannya karena berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia," kata Hariyanto, Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Veteriner Masyarakat Dinas Pertanian Kota Kediri ditemui di lokasi penyembelihan.

Hariyanto menambahkan, temuan itu merupakan temuan perdana dari tiga tim yang diterjunkan. Tim yang dibentuk untuk memantau kondisi daging kurban itu dikerahkan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kediri Kota, serta Kecamatan Pesantren.

Basharudin, anggota panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Agung, menyerahkan sepenuhnya penanganan organ hati berpenyakit itu kepada petugas Dinas Pertanian. "Tidak apa-apa dan kami mendukung organ hati itu dibuang. Toh jika dikonsumsi, takut efeknya negatif," kata Basharudin.

Hanya saja, Basharudin menambahkan, tidak menyangka sapi yg dibeli secara patungan oleh para jamaah itu mengandung cacing. Secara fisik luar, hewan itu cukup sehat dan gagah. "Kita gak nyangka aja." pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com