Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Warga Bengkulu Diduga Terkena Flu Burung

Kompas.com - 13/10/2013, 20:47 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Seorang warga Kelurahan Dusun Besar, Kota Bengkulu, Burhan (53) warga, dibawa ke Rumah Sakit M Yunus menjalani pengobatan medis sejak Sabtu (12/10/2013). Ia dikhawatirkan terjangkit flu burung setelah mengonsumsi daging ayam yang diduga terjangkit flu burung.

Istri Burhan, Rogaya, mengatakan, pada Selasa lalu, Burhan menukarkan beberapa ayam jantannya dengan ayam betina di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Ia berencana untuk mengembangbiakkan sekitar 35 ekor ayam yang telah dimilikinya.

Tak disangka, setelah itu, dalam hitungan beberapa hari, ayam peliharaannya mati hingga tersisa dua ekor. Dalam kurun waktu itu juga, ia sempat menyembelih beberapa ayam peliharaannya untuk dikonsumsi. Usai menyantapnya, Burhan dikatakan menderita sakit perut dan batuk.

Secara terpisah, petugas Dinas Peternakan Kota Bengkulu, Helni Kusuma Dewi, membenarkan bahwa pada Sabtu lalu, ia mendapat laporan bahwa ternak milik Burhan mati mendadak.

"Setelah kita lakukan test cepat ternyata dipastikan ayam milik pak Burhan positif terkena flu burung, sementara ayam yang masih hidup disarankan untuk dimusnahkan tetapi karena kita tidak ada dana untuk mengganti ayam warga tersebut ayam kita biarkan, kita hanya menyarankan saja," kata Helni.

Hingga berita ini diturunkan Burhan masih dirawat di ruang kemuning nomor 9 RSUD M.Yunus untuk observasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com