Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,6 SR Guncang Gorontalo

Kompas.com - 12/10/2013, 22:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Gempa bumi mengguncang Gorontalo, Sabtu (12/10/2013) pukul 21.30 WIB. Berdasarkan pantauan BMKG, gempa berkekuatan 5,6 SR dengan kedalaman 54 km.

Pusat gempa di darat berada di 20 km Barat Laut Boalemo-Gorontalo, atau 45 km BaratDaya Gorontalo Utara. Sedangkan menurut Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa berkekuatan 5,7 SR dengan kedalaman 100,4 km. Pusat gempa berada di darat, 31 km barat laut dari Tilamuta, Kabupaten Boalemo.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, gempa tidak menimbulkan potensi tsunami. Berdasarkan peta guncangan gempa (shake map) gempa berintensitas III-IV MMI (ringan).

"Sumber gempa berasal dari Sesar Gorontalo. Sesar ini terbentang dari arah barat laut ke tenggara, yaitu dari Laut Sulawesi melalui Gorontalo hingga wilayah perairan Teluk Tomini," jelas Sutopo, Sabtu.
 
Lanjut Sutopo, posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa di daerah. Guncangan gempa dirasakan lemah sekitar 6 detik di Kota Gorontalo. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gorontalo masih melakukan pendataan di daerah Boalemo.

"Belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Meski pusat gempa berada di darat, namun karena sangat dalam, menyebabkan dampak gempa tidak merusak," jelasnya.
 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com