Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Suara Pilbup Magelang Banyak yang Terpotong

Kompas.com - 11/10/2013, 20:50 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Logistik surat suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Magelang mulai disortir di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Jumat (11/10/2013). Sebanyak 956.164 lembar surat suara diterima KPU.

Tidak tanggung-tanggung, KPU mengerahkan 300 warga sekitar untuk membantu pernyortiran. Pada hari pertama penyortiran, banyak ditemukan kertas surat suara yang tidak sah. Penyebabnya beragam, terbanyak ditemukan kertas surat suara yang terpotong pada kolom foto calon bupati dan wakil bupati.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ma'mun Rakhmatullah menyebutkan, selain ditemukan kertas suara yang terpotong, banyak juga kertas suara yang sobek, berlubang, gambar salah satu pasangan calon kabur, warna luntur, tulisan tidak jelas, tidak ada gambar selain paslon, gradasi warna tidak jelas dan kertas suara pada kondisi kusut.

"Surat suara yang rusak itu, nanti kami minta ganti ke perusahaan percetakan," kata Makmun. Dia menargetkan penyortiran kertas suara ini selesai pada Senin (21/10/2013) mendatang.

Pilbup Magelang akan digelar pada 27 Oktober 2013, diikuti enam paslon yang ditetapkan oleh KPU, antara lain pasangan Handoko-Eko Purnomo (jalur perseorangan). Sementara lima paslon lain dari jalur partai adalah, Zaenal Arifin - Zaenal Arifin (PDIP), Rohadi -Muhamad Achadi (PKB dan Partai Golkar), Ahmad Majidun-Sad Priyo Putro (Partai Demokrat, PPRN, Hanura dan PBB), Susilo - Mujadin Putu Murja (PAN dan PPP) dan Muhammad Arwan-Haiban Hajid (Gerindra dan PKNU).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com