Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kayla Lahir, Koleksi Bison Amerika di Taman Safari Indonesia II Bertambah

Kompas.com - 10/10/2013, 17:00 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis


PASURUAN, KOMPAS.com - Koleksi Bison Amerika di Taman safari Indonesia (TSI) II Prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur bertambah setelah "Kayla" anakan bison terlahir, Rabu, 2 Oktober 2013 lalu.

Namun pihak TSI II Prigen belum dapat mengeluarkan Kayla untuk dipertontonkan kepada pengunjung hingga berumur tiga bulan. "Karena saat ini masih dalam perawatan dan pantauan khusus," kata Lilis Mulyono, salah satu perawat bison tersebut, Kamis (10/10/2013).

Lilis menjelaskan, Kayla adalah anakan pertama induk betina Kiasulin (6) dengan pejantan Nanduira (8). Berat Kayla saat dilahirkan mencapai 30 kilogram dengan masa bunting 9 bulan 10 hari.

"Ini adalah lahiran pertama sejak bison jenis Amerika ini didatangkan dari Jepang pada 2009 silam," jelasnya.

Sebelum lahir, pihak TSI II Prigen sengaja mengarantina bison Kiasulin dengan memisahkan dari pejantannya. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan selama masa bunting. Selain itu, Kiasulin pun diberikan asupan vitamin dan kalsium layaknya manusia yang hamil.

"Dan seminggu ini kondisinya sudah sehat dan bisa berbaur dengan induknya di dalam kandang," kata Lilis.

Selain bison Amerika, TSI II Prigen juga memiliki delapan ekor jenis bison Eropa. Kedelapan bison itu merupakan hasil enam kali proses kelahiran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com