Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Sortir, KPU Kolaka Temukan 300 Surat Suara Rusak

Kompas.com - 08/10/2013, 16:18 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Hari pertama pelipatan kertas suara untuk pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka di kantor KPU Kolaka, KPU menemukan 300 lembar surat suara yang tidak layak dipakai. Surat suara tersebut antara lain karena robek, gambarnya berbayang, tinta yang tidak sesuai serta tidak adanya kolom tanda tangan untuk Kelompok Panita Pemungutan Suara (KPPS).

Sekretaris KPU Kolaka, Idam Hendardi mengatakan, penemuan surat suara yang rusak itu setelah disortir dengan melibatkan 50 orang pegawai. Menurutnya, surat suara tak layak pakai akan dikembalikan ke percetakan yang ada di kota Makassar dengan dikawal ketat aparat kepolisian.


“Memang kerusakan itu kita temukan saat proses sortir dan pelpatan kertas. Jadi kita imbau kepada pelipat agar yang rusak dikumpulkan dulu," katanya, Selasa (08/10/2013).

Menurutnya, surat suara yang rusak tidak akan menyebabkan surat suara berkurang. Sebab, pihaknya memiliki surat suara cadangan sekitar 2 persen lebih dari jumlah pemilih tetap. "Kalau jumlah pemilih tetap di Kolaka itu 242.043 dan surat suara yang kita cetak 248.095, termasuk dua persen cadangan itu,” katanya.

Namun pihak KPU Kolaka tidak menampik kalau jumlah kertas surat suara yang rusak itu akan terus bertambah. Pasalnya, masih ada ribuan kertas suara yang belum disortir. “Itu baru sebagian yang kita buka, masih ada ribuan lagi," cetusnya.

Sesuai jadawal, surat suara mulai didistribusikan ke seluruh wilayah di Kolaka pada 17 Oktober mendatang. Sedangkan surat suara yang rusak akan dimusnahkan setelah dibuatkan berita acaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com