Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantauan Visual Tangkuban Parahu Terkendala CCTV

Kompas.com - 08/10/2013, 14:24 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengalami sedikit kendala dalam memantau visual kawah ratu Gunung Tangkuban Parahu yang menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik berupa letusan phreatik selama empat hari terakhir.

Menurut Ketua Tim Tanggap Bencana Gunung Tangkuban Parahu dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hetty Triastuti, meskipun pada stasiun pengamatan kawah ratu terdapat satu unit CCTV, alat pengantar sinyal berupa repeater yang berada di puncak Tangkuban Parahu tidak bekerja secara maksimal.

"CCTV masih ada masalah di repeater-nya karena belum bekerja secara maksimal," kata Hetty saat ditemui di Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu, Selasa (8/10/2013).

Karena belum maksimal, kata Hetty, petugas pengamat aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu harus bekerja ekstra keras. Pasalnya, petugas terpaksa harus bolak balik menuju kawah ratu yang berjarak sekira 2 kilometer ketika terjadi letusan hanya untuk melihat lontaran material vulkanik yang keluar dari dalam kawah.

"Tentu saja kita sangat membutuhkan CCTV untuk melihat aktivitas diatas (kawah). Soalnya kita sering datang terlambat waktu awal meletus," ujarnya.

Hetty menambahkan, kebutuhan pantauan visual melalui CCTV tersebut merupakan kebutuhan yang sangat mendesak saat ini. Selain untuk pantauan kawah siang hari, kata Hetty, CCTV tersebut berguna untuk mengetahui kondisi saat letusan yang sering terjadi malam hari.

"Kalau untuk pantauan malam hari menggunakan kamera khusus yang ada inframerahnya," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com