Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua SPBU Selewengkan BBM Subsidi, Satu Disegel

Kompas.com - 04/10/2013, 20:48 WIB
Kris R Mada

Penulis

Sumber KOMPAS
BATAM, KOMPAS.com - Kenaikan harga solar tidak menghentikan aksi penyeleweng BBM subsidi di Batam, Kepulauan Riau. Dugaan penyelewengan antara lain terjadi di dua SPBU di Batam.

Pada Jumat (4/10/2013) sore, SPBU 14.294.732 di kawasan Kapital Raya, Batam Center disegel petugas gabungan. Penyegelan dilakukan karena pengawas dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Batam memergoki operator SPBU mengisikan ratusan liter solar pada satu kendaraan. Padahal, setiap kendaraan lazimnya hanya mengisi 50 liter.

Sementara pada Jumat dini hari di SPBU 14.294.739 yang terletak di Jalan Engku Putri, Batam Center, sedikitnya tiga mobil mengisi solar berulang-ulang. Pelat nomor mobil itu antara lain BP 1563 XJ, BP 7657 DX, dan BP 1406 XK.

Manajer SPBU, Dadang MA yang ditemui Jumat (4/10/2013) tidak mengelak ada kendaraan yang mengisi solar berkali-kali dalam tempo singkat di SPBU yang dikelolanya. Dadang malah menyebut SPBU lain di Batam melakukan praktik serupa dan ada keterlibatan aparat. Namun, ia tidak menyebut SPBU mana saja melakukan praktik itu dan aparat dari instansi mana yang terlibat.

Berdasarkan pantauan Kompas, modus yang dipakai adalah mengisi tangki mobil berulang kali dengan jumlah rata-rata 50 liter per pengisian. Setiap 50 liter, pengisian diulang dari awal sehingga di mesin pompa terdata pengisian masih dalam taraf wajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KOMPAS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com