Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Bandang di Sigi, Enam Rumah Hanyut

Kompas.com - 02/10/2013, 13:48 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis


SIGI, KOMPAS.com - Banjir bandang menerjang Desa Salua, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Sedikitnya 6 rumah hanyut terbawa banjir dan puluhan rumah terendam. Sementara ratusan jiwa terpaksa mengungsi ke tempat aman.

Banjir bandang ini terjadi pada Selasa malam. Kepala Desa Salua, Yance Pongele mengatakan banjir bandang menerjang wilayah mereka sekitar pukul 19.30 Wita.

"Tadi malam kita dengar suara gemuruh dari atas gunung. Sungai Salua meluap membawa material kayu-kayu gelondongan. Untung tidak ada korban jiwa," kata Yance, Rabu (2/10/2013).

Menurut Yance, di atas sungai Salua itu masih banyak tumpukan kayu gelondongan yang tertahan. Ia memastikan jika hujan turun terus menerus ratusan kayu yang diduga hasil tebangan ilegal itu akan kembali menerjang wilayah mereka.

"Puluhan kayu gelondongan yang menerjang rumah warga ini belum seberapa. Di atas taman nasional itu saat ini masih banyak kayu hasil tebangan yang tertahan," ungkap Yance.

Sementara itu, data yang dikumpulkan di lapangan sebanyak 44 rumah warga terendam lumpur, 6 rumah dan satu pos polisi hilang terbawa banjir serta lima rumah rusak total. Tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir bandang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com