Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tunisia Curi Uang Dollar dari Bank BRI

Kompas.com - 01/10/2013, 17:21 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Seorang warga negara Tunisia, Khalid Hadad bin Mohammed, ditangkap jajaran Polsek Tegalsari, Surabaya. Dia diringkus karena mencuri uang 3.800 dollar AS dari Bank BRI di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya.

Pria 26 tahun asal Tunisia ini dibekuk setelah sempat melarikan diri bersama rekannya, Usman, yang kini masih berstatus buron.

Kapolsek Tegalsari Kompol Arief Mukti, Selasa (1/10/2013), menceritakan, awalnya, Kholid bersama rekannya menukarkan uang rupiah ke dollar AS pada Kamis (29/9/2013). Kepada teller bank setempat, dia meminta memilih sendiri pecahan 100 dollar AS yang kondisinya bagus dan tidak kusut.

"Kholid mengajak teller bank itu berbicara panjang lebar, sementara rekannya Usman memilih uang dollar," katanya.

Dengan keahlian kecepatan tangan yang dimiliki Usman, sebanyak 38 lembar senilai masing-masing 100 dollar AS pun dicuri tanpa sepengetahuan teller bank. "Petugas teller baru tahu setelah kembali menghitung dollar, dan langsung meminta satpam untuk mengejar kedua orang itu," tambahnya.

Warga Tunisia itu ditangkap di depan Hotel Bumi, sementara rekannya Usman bisa melarikan diri. Pihak polisi mengaku sudah berkoordinasi dengan kantor Kedutaan Tunisia soal aksi kriminal yang dilakukan Khalid, begitu juga dengan keluarga Khalid di Tunisia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com