Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Nenek Selamat dari Rumah Runtuh di Kediri

Kompas.com - 01/10/2013, 16:45 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Mariam (60), seorang nenek di Kota Kediri, Jawa Timur, selamat dari reruntuhan puing tiga rumah yang atapnya ambruk, Selasa (1/10/2013). Perempuan tua ini juga tidak mengalami luka sedikit pun.

Tiga rumah yang runtuh itu merupakan tempat praktik dokter dan juga apotik. Lokasinya terletak di Jalan Brawijaya dan hanya terpaut beberapa bangunan di sebelah timur Mapolres Kediri Kota.

Saat peristiwa berlangsung, suasana rumah sedang sepi dan hanya ditinggali oleh nenek yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga itu. Saat itu, posisi Mariam tengah berada di bagian belakang bangunan, sedangkan atap yang runtuh berada di bagian depan.

Proses evakuasi nenek itu dilakukan oleh beberapa personel kepolisian dan dibantu tentara yang kebetulan tengah melintas di lokasi kejadian yang terletak tepat di samping jalan. Situasinya sedikit dramatis saat pintu rumah tertutup puing.

Mariam menuturkan, kondisi bangunan dari rumah yang ditempatinya itu memang sudah lapuk karena termakan usia. Majikannya juga sudah berencana melakukan perbaikan, namun terkendala waktu.

"Sebenarnya sudah dipanggilkan tukang rumah untuk memperbaiki. Tapi belum ada waktu," kata Mariam kepada para wartawan sesaat setelah kejadian berlangsung.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, kerugian material timbul dari bangunan yang rusak serta sebuah sepeda motor yang tertimpa reruntuhan. Pantauan Kompas.com di lokasi kejadian, beberapa pekerja sudah mulai terlihat membersihkan puing. Garis polisi yang awalnya terpasang di sekitar lokasi, kini sudah tidak nampak lagi. Sisa-sisa kejadian menjadi magnet bagi beberapa pengendara yang lewat. Mereka mengurangi laju kendaraannya untuk mengamati bangunan tua itu. Meski demikian, aksi warga yang menonton tidak sampai menimbulkan kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com