Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Sinabung Aman, Pengungsi Boleh Pulang

Kompas.com - 30/09/2013, 10:43 WIB

MEDAN, KOMPAS.com -  Status Gunung Sinabung yang berada di lokasi Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, dinyatakan aman dan semua pengungsi yang berada di lokasi penampungan telah diizinkan pulang ke rumah.

Koordinator Humas Penanggulangan Bencana Gunung Sinabung, Jhonson Tarigan dihubungi di Kabanjahe, Senin (30/9/2013), mengatakan, status Gunung Sinabung tersebut sejak Minggu (29/9/2013) berubah yang sebelumnya Siaga (Level III) dan sekarang turun menjadi Waspada (Level II).

Perubahan status gunung itu, menurut dia, berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang ditujukan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo.

Sehubungan dengan itu, kata Jhonson, Pemkab Karo menyarankan kepada 1.096 pengungsi  yang ditampung di Posko Penampungan Kabanjahe untuk pulang ke rumah masing-masing.

Pengungsi tersebut (berasal dari tiga desa) selama ini tidak diperbolehkan pulang karena daerah tersebut berada di bawah radius 3 kilometer dari kaki Gunung Sinabung. Di desa tersebut harus bebas dari aktivitas dan sangat berbahaya menurut penilaian PVMBG.

"Saat ini ketiga desa tersebut dinyatakan aman dan penduduknya telah bebas pulang ke rumah dan tidak ada lagi masalah," ujar Jhonson.

Letusan kedua Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, terjadi pada Selasa (17/9/2013) sekitar pukul 12.13 WIB, dan debu vulkanik bercampur asap tebal mencapai setinggi lima kilometer.

Letusan pertama Gunung Sinabung, Minggu (15/9/2013) sekitar pukul 02.51 WIB, dan tidak ada korban jiwa dan luka-luka pada peristiwa tersebut.

Dengan meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah meningkatkan statusnya dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) sejak pukul 03.00 WIB.

Sinabung adalah gunung tertinggi di Sumatera Utara, dengan ketinggian sekitar 2.600 meter dan Gunung Sibayak puncak tertinggi kedua dengan ketinggian 2.040 meter.

Kedua gunung tersebut adalah gunung berapi aktif dan kedua-duanya gunung berapi aktif yang masih tersisa di Sumatera Utara. Gunung Sinabung terletak di Kecamatan Naman Teran, sedangkan Gunung Sibayak terletak di Kecamatan Berastagi.

Pada tanggal 3 September 2010, terjadi dua letusan. Letusan pertama terjadi sekitar pukul 04.45 WIB sedangkan letusan kedua terjadi sekitar pukul 18.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com