Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Parasit Kembaran Ginan Dianggap Istimewa

Kompas.com - 26/09/2013, 16:28 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
— Bayi parasit kembaran bayi Ginan Septian Nugraha yang menempel dan keluar dari dalam mulut telah berhasil dipisahkan melalui operasi, Rabu (25/9/2013) kemarin. Bayi parasit yang juga disebut oleh dokter sebagai tumor berjenis epignathus teratoma itu akan diteliti lebih dalam lagi oleh bagian histopatologi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk diketahui jaringan-jaringan yang ada di dalam tubuh tidak sempurna itu.

"Kita ingin mengetahui jenis jaringannya seperti apa untuk kepentingan ilmiah," kata dokter spesialis bedah anak RSHS Bandung, dr Dicky Drajat, saat ditemui di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) RSHS Bandung, Kamis (26/9/2013).

Dicky menambahkan, meski bentuknya cukup mengerikan, bayi parasit atau tumor epignathus teratoma itu terbilang istimewa karena hampir mendekati bentuk sempurna dan keluar dari dalam mulut bayi yang sehat. Selain itu, literatur tentang kasus conjoined twin parasitic masih terbilang langka. Meskipun ada, kata Dicky, tetapi kasusnya berbeda.

"Sebenarnya kasus oral teratoma seperti ini pernah ditangani oleh RSHS, tapi bentuknya tidak seistimewa sekarang, ada kaki, badan usus, serta kulit," ucapnya.

Menurutnya, penelitian patologi tersebut nantinya harus berjalan sesuai dengan hukum kesehatan yang diatur dalam regulasi internasional. "Jadi tumor tersebut bisa dikatakan well organized karena dia berdiferensiasi dengan baik. Bahkan pertumbuhannya sampai sel dewasa," paparnya.

---

Informasi penyaluran bantuan untuk Keluarga Ginan Septian Nugraha dapat menghubungi e-mail: redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com