Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Dusun Tergenang Banjir, 2 Rumah Tertimbun Longsor

Kompas.com - 18/09/2013, 10:06 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com - Dua rumah warga di Mamuju Utara, Sulawesi Barat, hancur tertimbung longsor, Rabu (18/9/2013) dinihari tadi. Pemilik rumah yang sedang tertidur pulas lantas panik menyelamatkan diri dan harta benda mereka.

Air bercampur lumpur menimbun rumah, akibat hujan deras disertai angin kencang selama hampir dua jam. Puluhan rumah warga di tiga dusun di lokasi ini terendam banjir setinggi 50 centimeter.

Dua rumah warga hancur tertimbun longsor. Beruntung pemilik rumah mash sempat mengungsi. 

Sejumlah pengendara bahkan nyaris terperosok ke dalam kanal jalan, karena kondisi jalan yang tertimbun lumpur dan banjir membuat kendaraan yang melintas mengalami kesulitan.

Demi memperlancar arus lalulintas, warga bergotong-royong hingga malam hari mengunakan alat seadanya. “Keluarga dan barang-barang saya ungsikan ke rumah tetangga, sementara karena rumah kami hancur tertimbun longsor,” ujar Samsialam, warga Muliasari.

Hingga pagi ini, material longsor belum bisa dibersihkan dari jalan karena tidak ada bantuan alat berat. Pemda dikabarkan akan mengerahkan peralatan berat untuk menyingklirkan material longsor yang menimbun rumah warga dan empat titik yang menutup permukaan jalan di Jalur transSulawesi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com