Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo: Kekeringan Terparah Terjadi di Madura

Kompas.com - 16/09/2013, 12:33 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Sebanyak 14 Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, dilanda bencana kekeringan. "Paling parah ada di Pulau Madura," Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Senin (16/9/2013).

Hal itu diutarakan Soekarwo usai melantik Bupati Dan Wakil Bupati Bondowoso, Amin Said Husni dan Salwa Arifin di Aula Pendopo Kabupaten Bondowoso.

Menurut Soekarwo, kekeringan itu sudah mulai dirasakan sejak empat bulan terakhir. Terkait kondisi itu, Pemprov Jawa Timur akan membangun embung atau Geo-Membran sebuah wadah penampungan air hujan, dengan ukuran 50 X 50 meter dengan kedalaman empat meter.

"Masing- masing kabupaten berbeda kebutuhannya, ada yang lima sampai 10 embung nantinya" imbuh Soekarwo.

Diberitakan sebelumnya, Selama satu bulan sejak awal Bulan September hingga Oktober mendatang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Jawa Timur menyatakan Kabupaten Bondowoso dalam kondisi tanggap darurat bencana kekeringan.

Tercatat ada 30 desa yang tersebar di 7 kecamatan, yakni Kecamatan Wringin, Cerme, Botolinggo, Taman Krocok, Tegal Ampel, Curah Dami, dan Tamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com