Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Personel Amankan Pelantikan Wali Kota Bandung

Kompas.com - 16/09/2013, 09:14 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Lebih dari seribu personel aparat gabungan siaga mengawal dan mengamankan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Senin (16/9/2013). Pelantikan berlangsung di Gedung DPRD Kota Bandung, di Jalan Aceh, Bandung, Jawa Barat.

"Personel yang siaga dalam pelantikan wali kota ini semuanya ada 1.186 personel," kata Kabag Operasional Polrestabes Bandung AKBP Diki Budiman, Senin pagi. Pengamanan, sebut dia, melibatkan aparat dari Polrestabes Bandung, Polda Jabar, Sat Brimob Polda Jabar, Kodim, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, dan tokoh pengamanan masyarakat.

Selain mengamankan tempat pelantikan, ribuan personel itu juga diminta menjaga keamanan di seluruh wilayah Bandung. "Ini untuk pengawalan dan pengamanan. Kami ingin berjalannya pelantikan ini aman dan kondusif," kata Diki.

Selama pelantikan, ruas Jalan Aceh juga ditutup mulai pukul 06.00 sampai 13.00 WIB. Aksi unjuk rasa juga diantisipasi. "Di setiap perempatan jalan, pintu stop-an, aparat sudah siaga mengatasi dan mengamankan para pengunjuk rasa," kata Diki.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Ridwan Kamil dan Oded M Danial akan dilantik untuk menempati jabatan selama periode 2013 sampai 2018, Senin ini. Pelantikan akan dilakukan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Diperkirakan tak kurang 750 undangan akan menghadiri pelantikan, termasuk beberapa tokoh nasional dan petinggi partai politik pengusung pasangan yang dilantik.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com