Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Komodo, Presiden Disambut dengan Ayam Jantan Putih

Kompas.com - 13/09/2013, 14:05 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Pulau Komodo di Taman Nasional Komodo dengan menggunakan KRI Baladau-643 milik TNI Angkatan Laut, Jumat (13/9/2013).

Presiden datang ke Kabupaten Manggarai Barat untuk meresmikan pelaksanaan Puncak Sail Komodo 2013, 14 September, di Pantai Pede, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya, Presiden dan Ibu Negara tiba di Bandara Udara Komodo dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Kedatangan Presiden disambut upacara adat ala Manggarai Barat.

Penyambutan ditandai dengan kapok (bicara) dan seekor ayam jantan berwarna putih.  Ayam jantan berwarna putih menunjukkan ketulusan hati dari masyarakat Manggarai Barat, NTT untuk menyambut kunjungan Presiden.

Presiden diterima oleh  Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya dan Ny, Lusia Lebu Raya serta sejumlah pejabat dari tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kepala Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI, Untung Suropati menjelaskan, TNI AL mengerahkan puluhan kapal perang pada acara Sail Komodo. “TNI siap menyukseskan penyelenggaraan puncak Sail Komodo 2013 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur,“ kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com