Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Jihandak Ikut Amankan Festival Danau Toba

Kompas.com - 12/09/2013, 12:39 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SAMOSIR, KOMPAS.com - Memasuki hari kelima Festival Danau Toba (FDT) 2013 di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pengamanan terus diperketat. Bahkan tim penjinak bahan peledak dari Polda Sumatera Utara pun diturunkan untuk mengamankan acara.

Koordinator Keamanan FDT 2013 yang juga Wakil Kepala Polres Samosir Kompol Adel Samosir, Kamis (12/9/2013) mengatakan, kesiapan personel pengamanan FDT tidak bisa dikendorkan sedikit pun, apalagi pascainsiden penembakan personel polisi di depan gedung KPK yang baru lalu.

"Sudah kita sampaikan kepada seluruh anggota supaya lebih waspada menjalankan tugas baik siang mapun malam hari. Sebagaimana petujuk dari Mabes Polri," kata Adel, usai apel dengan personel di Open Stage Tuktuk Siadong.

Pada penutupan FDT 2013, Sabtu, 14 September 2013, seluruh personel dipastikan turun. Ada 260 personel melibatkan Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, termasuk dari Polda Sumatera Utara dan Polisi Air.

"Kita juga siapkan tim Gegana satu unit lengkap dengan peralatannya mulai dari pembukaan hingga penutupan. Demikian juga dari Polisi Air ada dua tim, Brimob, Reserse dan Intel Polda, kita siapkan selalu di lapangan," kata Adel.

Fokus pengamanan dilakukan di setiap bagian festival, di Bukit Beta, Open Stage Tuktuk Siadong, Hotel Duma Sari, dan penginapan yang ditempati para menteri. "Demikian juga Tim Jihandak selalu bekerja melakukan sterilisasi lokasi setiap kali sebelum perlombaan dimulai," tegasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com