Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Jadi Kades Minim, Istri Pun "Nyalon" Lawan Suami

Kompas.com - 10/09/2013, 18:24 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Dua pasangan suami istri "bertarung" dalam pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Situbondo, Jawa Timur, yang akan dihelat pada 11-12 September 2013 mendatang.

Selain itu, ada juga bapak dan anak yang bersaing meperebutkan posisi kepala desa. Mereka ialah Kades petahana Tokelan di Kecamatan Panji, Ahmad Misuri yang bertarung dengan anak kandungnya sendiri, Imam Bisri. Sedangkan dua pasutri yang ikut mermaikan bursa Pilkades adalah Kades petahana Desa Panji Kidul di Kecamatan Panji, Suprapto yang bersaing dengan istrinya, Nasiyani.

Pasturi lainnya yang juga turut dalam Pilkades adalah Samirin Ali, Kades petahana Desa Sumberanyar, Kecamatan Jatibanteng, melawan istrinya sendiri, Ika.

Kepala Bagian Pemerintahan Tulus Prijatmaji mengatakan, Pilkades di wilayahnya serentak digelar di 89 desa yang tersebar di 17 kecamatan, Kabupaten Situbondo.

"Khusus untuk bapak dan anak kandungnya serta dua pasangan suami istri yang sama-sama maju untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa (Kades), terjadi di tiga desa. Itu terjadi lantaran tidak ada calon lain yang mencalonkan diri sebagai Kades. Agar pilkades sah dengan syarat minimal ada dua calon, ya, mereka maju," ujarnya, Selasa (10/9/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com