Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Kaltim Pilih Gubernur Baru

Kompas.com - 09/09/2013, 21:17 WIB
Kontributor Samarinda, Yovanda Noni

Penulis


SAMARINDA, KOMPAS.com
– Besok, Selasa (10/9/2013), warga Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) akan melakukan pemungutan suara untuk memilih gubernur dan wakil gubernur Kaltim.

“Diharapkan besok semua masyarakat menggunakan hak pilihnya untuk memilih satu kandidat sebagai calon pemimpin Kaltim,” kata Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim, Syarifuddin, Senin (9/9/2013).

Diketahui tiga kandidat yang tengah memperebutkan kursi KT 1 adalah pasangan Awang Farouk Ishak-Mukmin Faisyal, Farid Wadjdy-Aji Sofyan Alex, dan pasangan Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni.

Menurut Syarifuddinn, setelah masa kampanye berakhir semua kandidat tengah menjalani masa tenang tiga hari dan berakhir hari ini. Besok ketiganya akan memperebutkan suara masyarakat Kaltim – Kaltara. “Ketiganya sudah siap menerima segala putusan. Kini mereka tengah menjalani masa tenang,” terangnya.

Besok, lanjutnya, pada saat pemilihan, semua TPS akan dikawal dengan saksi. Semua anggota Polda Kaltim yang sudah ditugaskan Kapolda, akan turun ke jalan mengamankan dan mengawal perhelatan Pilgub sampai selesai. “Mudah-mudahan semua berjalan lancar, dan Kaltim bisa memiliki pemimpin jujur dan amanah,” pungkasnya.

Pemilihan gubernur Kaltim ini juga akan diikuti warga Kalimantan Utara (Kaltara) yang merupakan provinsi pecahan Kaltim. Sesuai keputusan Menteri Dalam Negeri menyatakan provinsi tersebut boleh mengikuti pemilihan gubernur Kaltim sebab, gubernur Kaltara saat ini masih berstatus pelaksana tugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com